Monday, 1 July 2013

Gunung Es Di Alpen Ditutupi Kain Agar Tidak Mencair

Pemanasan global semakin serius mengancam kelangsungan hidup lingkungan alam di Bumi. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah meluasnya efek perubahan iklim, seperti yang dilakukan di Alpen ini. Para ilmuwan menyelimuti gletser di sana dengan kain agar tak mencair. 

Gunung es yang ditutupi kain tersebut adalah gletser bernama Rhone yang berada di tengah pegunungan Alpen, Swiss. Keputusan untuk menutupi dengan kain dilakukan karena gletsernya terus mencair secara drastis selama 150 tahun ini. Alhasil selama musim panas berlangsung para ilmuwan membentangkan bermeter-meter kain untuk mencegah pencairan. 

Kain "selimut" ini juga didesain agar pengunjung karena bisa melihat gletser berusia 11.500 tahun ini dari sisi yang berbeda. Para ilmuwan juga membuat lorong di dalam gletser yang bisa dimasuki pengunjung. Di sana pengunjung dapat merasakan pengalaman memasuki gletser yang tersembunyi selama ratusan tahun ini. 

Pencairan gletser Rhone ini semakin parah dengan terlihatnya lapisan tanah dan bebatuan untuk pertama kalinya setelah ratusan tahun. Meski begitu beberapa ahli lainnya menganggap tak perlu memberikan selimut karena alam bisa "menyembuhkan" dirinya sendiri. Pasalnya di era Halocene malah gletser ini berukuran lebih kecil dari sekarang.




sumber

ads

Ditulis Oleh : alyson dona Hari: 08:50 Kategori:

0 comments:

Post a Comment